Langsung ke konten utama

Lagi Down


Pernah gak kalian ngerasa tiba-tiba berat banget beban di pundak? Gue pernah beberapa kali. Sebenernya beban berat itu si biasa aja. Tapi emang dasarnya guenya aja yang lemah. Yang bikin nggak enak tuh bebannya dateng dari orang-orang terdekat, misalnya keluarga. Gue tipenya kalo dapet beban berat tuh bisa tiba-tiba langsung down. Down bukan berarti langsung sakit panas menggigil sambil teriak-teriak nggak karuan di tengah malem ampe tetangga pada bangun. Down-nya itu tiba-tiba aja kehilangan mood. Sebagai anak muda sih moody itu biasa, tapi yang ini gak biasa. Gue bisa diem. Diem banget. Yang tadinya menggebu-gebu pengen kemana gitu, bisa gitu aja ngebatalin. Yang lagi seru-serunya main game, bisa gitu aja udahan dan males banget buat main.

Biasanya yang gue lakuin kalo lagi kaya gitu, cuma tiduran, rebahan di kasur gue yang gak empuk. Bikin sakit badan itu kasur gue, tapi tetep aja jadi tempat yang paling nyaman kalo gue lagi down gara-gara ini. Soalnya badan gue yang kurus kerempeng kaya rempeyek ini bisa kerasa berat banget bahkan cuma untuk sekadar duduk, mbuka mata, atau njawab omongan temen gue. Rebahan itu seenggaknya bisa ngebantu gue ngilangin beban berat itu. Semacam pertolongan pertama gitulah. Gue rebahan, merem, mikir entah mikirin apa, pikiran ngawang-ngawang, keringet dingin ampe banjir. Tapi itu sebentar aja, palingan sepuluh menit juga udah kelar. Asli deh, rebahan yang sebentar itu ngebantu banget buat gue. Plong lagi rasanya, walaupun gak sepenuhnya sih.

Abis itu gue ngelakuin hal-hal yang bisa ngebantu gue ngilangin beban itu. Biasanya gue langsung bikin kopi. Seadanya kopi, kalo bisa kopi saset yang paling praktis biar bisa cepet gue minum. Padahal sih sama aja, kan nungguin airnya panas juga. Lagi masa-masa kaya gitu tuh males banget buat naker-naker kopi ama gulanya. Aroma kopi sama angetnya air itu bener-bener bisa bikin gue rileks. Semacem trigger buat meditasi gitu kali ya.

Yang paling tokcer lagi kalo ditambah sama ndengerin lagu-lagu yang lembut yang rada nge-jazz. Biasanya gue nyetel lagu-lagunya Endah n Rhesa atau Payung Teduh. Lokal-lokal berkualitas gitu deh. Lagu-lagu mereka bener-bener nenangin jiwa. Bayangin aja ya. Dengerin lagu jazz, sambil nyeruput kopi sambil merem, nikmat dunia banget nggak sih? Buat apa lari ke Topi Miring yang dicampur Autan atau nge-drugs kalo yang kaya gini aja udah bisa bikin nge-fly? Gilak, sok bijak banget gue!

Setelah itu semua gue lakuin, gue bisa ngelakuin lagi kegiatan gue bahkan yang tadinya gue males banget. Misalnya angkat beban. Di kontrakan gue ada tuh barbel bikinan temen gue, yang dari semen itu. Lumayanlah, itung-itung pelampiasan kelebihan energi tiba-tiba ke hal yang positif. Walaupun cuma sebentar udah gemeter nih otot-otot gue. Entah otot atau apa namanya, nggak keliatan juga bentuknya.

Intinya, simpulin sendiri ya.


Bureaucracy can’t stop me from  writing.

Komentar

  1. hahhaha.. jadi kayak anak alay.. :D
    maaf kak koment terus. lagi asik baca.. satu-satu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya kan emang masih anak abg gitu sayah :3
      ya gapapalah lip :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mari Bercerita

Payung Teduh kembali memperkenalkan karya emasnya. Lagu-lagu Payung Teduh dikenal sangat puitis dan romantis. Ditambah lagi dengan alunan musik Folk Jazz -nya yang syahdu membuat penikmat karyanya semakin merasakan keteduhannya. Salah satu lagu terbaru mereka berjudul Mari Bercerita. Karya-karya sebelumnya membuat kita membayangkan keromantisan si pembawa lagu dengan kekasihnya. Sementara di lagu ini, kita tidak perlu lagi membayangkannya karena lagu ini dibawakan secara duet dengan seorang wanita berparas ayu bernama panggilan Icha. Karya ini karya pertama Payung Teduh yang dibawakan secara duet. Suara mereka yang lembut dan merdu mampu membawa lagu ini ke suasana yang begitu romantis. Sebetulnya menurut penilaian saya, lirik lagu ini tidak sepuitis lagu-lagu sebelumnya. Liriknya sederhana, tetapi tidak menghilangkan romantismenya bahkan semakin dieksploitasi dengan kehadiran Icha sebagai teman duet Is (vokalis dan gitaris Payung Teduh). Berikut adalah lirik lagu tersebut.

Mengenang PT. Texmaco Perkasa Engineering

Industri manufaktur Indonesia sedang dalam perkembangan yang cukup memberikan angin segar. Beberapa waktu lalu kita digegerkan dengan mobil yang diciptakan di Indonesia oleh para pelajar SMK di Solo dengan bantuan dari perusahaan karoseri lokal, Kiat Keroseri. Mobil itu diberi label buatan pabrikan Esemka dengan berbagai variannya. Di antaranya adalah Digdaya dan Rajawali. Tidak hanya itu, bahkan murid-murid SMK telah diajarkan merakit pesawat terbang. Walaupun jenisnya hanya pesawat latih. Masyarakat bersemangat dan bergairah dengan kabar menggembirakan tersebut. Sebagian masyarakat bahkan telah memesan mobil-mobil buatan murid-murid SMK tersebut. Bapak Jokowi, selaku Walikota Solo kala itu, juga telah menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinasnya. Media begitu menggembar-gemborkan berita itu. Hampir semua stasiun televisi memberitakannya. Lalu, apa yang terjadi sekarang? Sudah hampir tidak ada beritanya lagi yang muncul di televisi. Kita hanya bisa menikmati beritanya dari me

Pabrik Tua PG Modjo

Ketika libur tiba, yang sebaiknya kita lakukan adalah berwisata. Wisata bisa kemana saja, yang menurut kita bisa merilekskan tubuh dan pikiran. Berbeda-beda bagi setiap orang karena ketertarikan setiap orang terhadap sesuatu juga berbeda. Seperti yang aku lakukan belum lama ini. Aku berkunjung ke rumah Budeku yang ada di Sragen, Jawa Tengah, untuk menghadiri Mbakku yang menjalani prosesi ngunduh manten (salah satu prosesi pernikahan adat Jawa). Beberapa waktu lalu, Mbakku pernah menceritakan kondisi Kota Sragen yang cenderung sepi dan panas. Menurutnya tidak ada yang menarik di kota itu. Paling pun yang ada hanya sebuah lokasi pabrik tua yang ada sejak zaman Belanda dan masih beroperasi hingga saat ini. Pabrik tersebut adalah pabrik gula. Ketika pertama datang ke sana, lokasi pabrik gula tua itu adalah pertanyaan-pertanyaan pertama yang aku lontarkan. Pabrik gula itu bernama PG Modjo. Modjo (Mojo) merupakan nama desa di lokasi pabrik itu berdiri, mungkin juga nama buah seperti dal