klo di daerah lain, lalu lalang rame udah disebut macet, tapi di
mari, di jakarta eni, macet itu kalo udah gak jalan sama sekali, atau
kalopun jalan cuma bisa setengah meter berenti..
macet emang udah jadi hal yang sangat identik dengan jakarta, sampe ada idiom, klo gk macet bukan jakarta namanya..
ampe segitunya lho sob..
masih banyak pendapat yang berujung perdebatan tentang penyebabnya
ada yang mikir ntu gara-gara pemerintah nyang kagak mau bikin jalan, ada yang bilang kebanyakan kendaraan, ada yang bilang emang orang2nya egois gk mau capek dan kepanasan naik angkot, ada yang bilang transportasi publiknya gk beres, banyak kejahatan di kendaraan umum.
pendapat-pendapat di atas emang gk salah, tapi gk 100% bener.
tapi gua suka ama penjabaran pak Jusuf Kalla, check this out:
Semoga bisa jadi masukan yang baik untuk pak Jokowi yang hampir pasti jadi gubernur DKI Jakarta periode berikutnya.
macet emang udah jadi hal yang sangat identik dengan jakarta, sampe ada idiom, klo gk macet bukan jakarta namanya..
ampe segitunya lho sob..
masih banyak pendapat yang berujung perdebatan tentang penyebabnya
ada yang mikir ntu gara-gara pemerintah nyang kagak mau bikin jalan, ada yang bilang kebanyakan kendaraan, ada yang bilang emang orang2nya egois gk mau capek dan kepanasan naik angkot, ada yang bilang transportasi publiknya gk beres, banyak kejahatan di kendaraan umum.
pendapat-pendapat di atas emang gk salah, tapi gk 100% bener.
tapi gua suka ama penjabaran pak Jusuf Kalla, check this out:
“Kemacetan sederhana saja berpikirnya. Kalau tidak mau macet, kurangi kendaraan di jalan. Karena, tidak mungkin ditambah jalan raya di Jakarta, tidak ada lahan,” kata JK.Punya pendapat lain? monggo :)
Pemerintah daerah, lanjutnya, harus fokus pada peningkatan angkutan umum. Angkutan umum memiliki tiga alternatif, yakni dilakukan di jalan raya, di atas jalan raya, dan di bawah jalan raya.
Menurut JK, transportasi massal TransJakarta hanya bersifat sementara memecah kemacetan ibu kota.
“Bukan untuk jangka panjang, TransJakarta itu mahal, karena mengambil 30 persen jalan publik,” jelasnya.
Sedangkan untuk transportasi di jalur bawah tanah, JK mengatakan pemerintah harus memperhatikan selokan yang melewati jalur tersebut.
“Selokan itu tidak bagus, jadi susah. Terus, bisa banjir masuk ke bawah, dan mahal ongkosnya, bisa lima kali lipat,” tutur Ketua Umum PMI.
JK memaparkan, solusi terbaik adalah membangun jalur angkutan umum di atas jalan raya.
JK menilai, Mass Rapid Transit (MRT) sebenarnya sudah baik, namun sayangya tidak semua jalur berada di atas.
“Seharusnya di atas jalan, lalu ikuti arah jalan saja,” sarannya.
Mengenai monorail, JK mengatakan pemerintah dapat menjamin proyek itu berjalan. Apalagi, terdapat evaluasi anggaran pembangunan, di mana awalnya terlalu mahal karena berbiaya Rp 800 miliar, namun setelah dievaluasi hanya Rp 450miliar.
Basuki sempat bertanya, bagaimana program itu dijalankan bila ada sebagian kecil masyarakat menolaknya.
“Pemerintah harus mengambil keputusan terbaik untuk masyarakat. Kalau Anda dipilih tiga juta masyarakat, enggak usah tanya semua rakyat, karena Anda sudah dipilih,” terang JK.
sumber: klik di sini
Semoga bisa jadi masukan yang baik untuk pak Jokowi yang hampir pasti jadi gubernur DKI Jakarta periode berikutnya.
Komentar
Posting Komentar