Langsung ke konten utama

Perjalanan Singkat ke Pulau Pramuka


Ini ada sekuel lanjutan dari "Muara (B)Angke" di postingan yang lalu. Di sekuel sebelumnya gua gagal menyeberang karena kebodohan yang amat bodoh. Gagal total a.k.a gatot. Pelajaran amat berharga gua dapet: kalo mau jalan harus pake perencanaan. Emang dasar odong aja si, kebiasaan main asal jalan aja. Mungkin pelajaran itu hanya bertahan beberapa hari. Nggak ada penyesalan juga gara-gara kebodohan itu.

Tanggal 30 Desember 2012 dipilih sebagai tanggal eksekusi. Gua berangkat cuma berdua, cuma sama Galih soalnya si Anu udah bilang gak mau ikut lagi, kapok. Kenapa gua berdua ama Galih mulu ya? Eits, kita normal lho, seenggaknya menurut kita. Kapal berangkat jam7 makanya gua ama Galih janjian berangkat dari rumah jam5 pagi. Lumayan jauh soalnya dari Pasar Rebo ke Ancol. Jarang-jarang bangun sepagi itu pas hari libur. Ternyata bisa juga bangun jam segitu. Agak ragu gua tadinya. Daripada nyampe sono udah gak ada kapal. Belom berapa jauh Galih ngomong, "Bud, yakin ada penyeberangan dari Ancol?" Anjir, ini pertanyaan yang menimbulkan berjuta keraguan dalam lubuk jiwa. Kenapa lu baru nanya sekarang? Щ(ºдº!щ) Gua jawab, "Ya ada lah, kan banyak yang nyebrang dari Ancol." "Lu tau jalan emangnya, Bud?" Makin anjir yang ini. "Tau sih." "Kok lu ragu gitu, Bud?" "Gua tau jalan ke sana, tapi belom pernah ke sana." "Mendingan lewat Muara Bangke lagi aja yuk, daripada kita kaya orang goblok lagi ntar. Kita harus ngambil pelajaran, Bud." "Lah ntar kalo kena banjir sambil nyeker lagi kaya kemaren gimana?" "Emang lu gak bawa sendal lagi?" "Bawa sih. Iya juga ya, emang pinter lu, Lih. Belok nih kita?" Ini dia yang pinter apa guanya yang goblok ya. Untung waktu itu baru nyampe Warung Buncit. "Yoih!"

Jadilah kita liwat museum ikan asin lagi. Udah kebal deh gua. Galih aja yang sok-sokan masih kebauan. Emang bau banget sih. Sampe di Pelabuhan Muara Angke tercintah jam7 kurang dikit. Pelabuhan rame nih, kapal juga masih keliatan. Aman berarti. Pas parkir helm disangkutin kaya kemaren. Helm gua tutupin pake kanebo, belajar juga gua. "Yaa, lu cuma pake begituan, Bud? Nih kaya gua dong bawa plastik." Dia ngambil plastik item dari dalem tasnya. Pinter juga dia. Trus dia tutupin ke helm. Ternyata gak muat. "Wahahhaa, kecil banget. Gua kirain lu pinter, Lih, malah plastik bekas gorengan yang lu bawa, hahaha." Asli, plastiknya kecil banget. "Ah bodo dah, basah basah dah." "Iya lu si bodo amat, itu kan helm gua." "Wehehehe."

Masuk deh kita ke pelabuhan. Ternyata banyak orang dengan tas-tas mereka. Berarti masih ada kapal. Tapi yang gua bingung, banyak banget tas berjejer di depan loket. Jangan-jangan tiketnya udah abis, tinggal buat angkutan barang aja. Soalnya di loket juga gak ada petugasnya. Begitu jam7 loketnya buka. Ternyata lagi, tas-tas itu tuh antrian beli tiket, jadi orangnya diwakilin ama tas-tas itu. Baru tau. Yaudah masuk antrian aja deh, paling belakang. Nyampe tinggal berapa orang lagi si Galih nanya, "Bud, nanti di sana ada kapal nelayan gitu kan ye buat ke Onrust?" "Ya ada lah, tapi gua gak duit tambahan." "Dodol! Sama sih." "Aaa elu." "Berarti kita jangan ke Pulau U. Jawa kan gak jadi ke Onrust. Ke mana ya enaknya?" "Pramuka." "Emang ada apaan?" "Gak tau." Jawaban gua ajaib banget yah. Dengan masih penuh keraguan, gua sebut Pramuka ke penjaga loket. Asbun gua, bisa aja waktu itu gua bilang Bidadari.

"Pramuka nih men jadinya." "Udah lu beli tiketnya, Bud." Baiklah. Kita dapet kapal lumba-lumba. Di tiketnya lumba-lumba 2, clingak-clinguk lah kita nyari. Yang ada cuma lumba-lumba 1. Mampus! Jangan-jangan ketinggalan nih gua. Ternyata emang lumba-lumba 1 makenya setelah nanya abang-abangnya. Kita bareng bapak-bapak girang yang pada bawa raket. Rame buanget. Rusuh deh, udah kaya bocah-bocah SMA. Nginep semalem di sana katanya. Sekitar jam8 kapal baru berangkat. Ngapain gua berangkat jam5 kalo tau kapal berangkat jam8.


Di perjalanan, gua pengen naik ke atep kapal, liat pemandangan laut asik kayaknya. "Naik ke atas yok, Lih." "Bud, ini laut, Bud. Lu kan tau gua gak bisa berenang." "Etdah, siapa yang ngajak berenang? Liat pemandangan doang." "Gua gak bisa berenang, Bud." "Lih, nenek moyang kita tuh pelaut." "Iya, tapi bukan perenang." Emang bener si. Pernyataan itu semakin mengukuhkan kalo Galih emang pinter. Tapi pemandangan dari dalem kapal bagus juga kok. Cuma view-nya aja yang kurang bebas.

Perjalanannya lama ternyata, 2jam mungkin ada. Disingkat aja deh, tau-tau nyampe. Gak tau tadi lewat jalan mana aja, beloknya kemana aja. Yang penting kapal nyampe. Kita berhasil nyebrang, Lih! Jujur, ini pertama kalinya gua keluar dari padatnya tanah Pulau Jawa. Ini bukan Pulau Jawa! Biasa aja si ya. Bodo lah, yang penting gua seneng. Seneng banget.

Turun dari kapal, tanpa arah yang jelas dan juga tanpa pemandu wisata. Luntang-lantung gak jelas. Rasanya mirip banget kaya kalo lu lagi jomblo. Nah begitu dah. Makan adalah yang pertama dicari. Laper bo. Lu kata emak gua rela bangun pagi buat nyiapin gua sarapan? Kalo kerja, nyari duit si gapapa. Lah ini mah boro-boro. Nyari duit kagak, buang-buang duit iya. Padahal mah gablek duit juga kagak. Kagak diajak pula si emak. Kalo dipikir-pikir, durhaka gak ya gua? Hezzz, jauh amat. Makan dulu, mie rebus cukup kok. Yang penting perut gak rame ngedemo kantong.

Abis makan, lanjut jalan. Bingung. Lagi-lagi si Galih nanya gua mau kemana. Udah tau sama-sama gak tau arena. Yasudahlah, puterin pulau aja, searah jarum jam. Kecil kok ini pulau. Pantainya masih berbentuk dermaga. Pertama ngelewatin papan informasi di pusat informasi. Ah percuma, gua gak bisa baca peta. Lanjut, si Galih nemu senyuman-senyuman indah anak-anak penduduk lokal. Malu-malu mereka di foto. Padahal gua mah yakin, mereka pasti narsis kalo foto sendiri. Anak-anak itu main di pinggir pantai. Bahagia banget deh. Kaya masa kecil gua dulu. Bedanya, gua di empang. Jadinya dekil, bau amis pula. Gak jauh dari situ, kita nemuin jalur semacem rel gitu, gak tau itu apa. Mungkin buat naikin kapal yang rusak buat dibenerin. Terus kita ngelewatin pondok-pondok penginapan gitu. Enak kayaknya kalo nginep di situ. Bagus tempatnya. Ada mbak-mbak yang make tengtop item gitu segala.  Pengunjung eh, piktor deh pasti, orang kota rada china gitu.


Tempatnya abis itu kenapa jadi kaya hutan-hutan gitu. Seneng banget liat hutan, hijau. Cantik deh. Takut sih, takutnya itu bagian terlarang dari pulau ini. Siapa tau di dalemnya ada penduduk lokal yang primitif masih kanibal, trus mereka merenggut keperjakaan gua, abis itu gua dimakan idup-idup. Lebay gak si? Bodo ah. Trabas aja. Nah, agak ke dalem, si Galih nemuin pantai. Pasirnya putih, ombaknya tenang, tapi banyak sampah. Dia reflek aja gitu ganti celana di situ pengen berenang. Kayaknya gua inget sesuatu tentang gak bisa berenang deh. Lupa tapi. Lu aja Lih yang berenang, gua gak ikutan. Eh dia gk jadi berenang akhirnya. Hahaha. Cuman dia nemu sepotong papan. "Bud, potoin gua. Gua mau main selancar." Iye. Muter lagi lah kita. Foto-foto pantai, karang, bakau, sama ada kapal juga yang terdampar. Ke sana lagi, eh nemu lapangan bola. Insting Galih juga, dia langsung lari ke gawang. "Bud, fotoin gua." Seperti biasa, setiap kota yang dikunjungin ada stadion atau lapangan bola yang dia anggep bagus atau unik, pasti minta foto. Minimal 3 kali. Di pintu masuk, gawang, sama di lapangan tapi foto punggung. Trademark katanya. Iya ajalah. Daripada gua dipendem di tanah ampe disisain pala doang terus dikencingin? Becanda, Galih baik kok orangnya. Jomblo pula. Eh.



Muter lagi. Sepanjang pantai ada penanaman bibit tembakau hingga semacam taman nasional kecil berisi bakau. Ada juga tempat pembibitan bakau dan penangkaran penyu. Selain itu, ada tempat perbaikan kapal, tempat daur ulang sampah, dan tentunya rumah penduduk. Tapi, gak tau kenapa banyak banget sampah. Buanyak banget. Eiya, di deket tempat daur ulang tadi ada semacam tanggul penahan ombak. Di baliknya si Galih liat orang, tapi kepalanya doang. "Bud, ada yang lagi indehoi, Bud." "Mana?" "Ono sebelah sono." "Mana iya orang begituan di situ. Lagian yang keliatan palanya cuma satu." "Ya kan kali aja yang satu di bawah." "Iya sih, tapi kalo emang iya, kenapa gak ada suaranya? Udah gitu itu pala anteng-anteng aja. Lagi boker palingan." "Ya kan kali aja. Serius amat lu. Ah udah yok jalan lagi."



Pulaunya kecil, gak nyampe sejam udah kelar diputerin. "Bud, jam1 nih, Bud. Mesen tiket dulu yok. Kan perahunya berangkat jam3." "Iya, ayo deh. Berarti gak jadi berenang nih kita?" "Ah elu daritadi gua ajakin gak mau." "Hehehe." Di jalan ke arah dermaga lagi, tapi dari arah yang berbeda, ada kantor pemda, kantor BPS, sama kantor apa lagi ya gua lupa. Gua kira gak ada kantor, ternyata sekomplek kantor semua. Emang banyak sih rumah penduduk di sini. Tapi kan yang namanya Kabupaten Kepulauan Seribu itu kan luas banget. Laut mulu pula. Jadi serem gua kalo ngebayangin gua penempatan di daerah kepulauan gitu. Perjuangannya banget-banget ini mah. Semoga enggak. Grrrr.

Nyampe di loket, loketnya sepi. Gak ada tanda-tanda kehidupan. Perasaan gua gak enak nih. Kan bener. T.U.T.U.P. B.A.N.G.K.E. Wadefak lah ini. Kalo kemaren di Muara Angke loket tutup si gak masalah, gua masih di Pulau Jawa, bisa langsung balik ke rumah,molor. Nah ini, loket tutup di pulau yang jaaauuuhhh banget dari Pulau Jawa. Disuruh jadi penduduk lokal apa gua? "Gimana nih, Lih?" "Gak tau juga, Bud. Mana gua gak bisa nginep pula. Kita nanya ke pusat informasi aja yuk." "Waahh emang pinter lu. Ayo!"

Gua: "Bang, gak ada kapal yang ke Muara Angke ya?"
Bang info: "Gak tau ya. Di loketnya kaya gimana?"
Galih: "Tulisan di loketnya si tutup, Bang."
Mpok info: "Iya emang lagi gak ada yang ke Muara Angke dari Dishub. Lagi ombak soalnya, mereka gak berani."
Gua: "Oh gitu ya, Mpok. Trus gimana kita baliknya, Lih?"
Galih: "Tau dah."
Bang info: "Ada sih, tapi bukan dari Dishub. Cuma mahal banget."
Gua: "Berapaan bang?"
Bang info: "200an."
Gua: "Ajegile. Mahal bener, Bang."
Dari 42 rebu jadi 200 rebu! Bayangin coy! Tapi jangan bayangin yang jorok-jorok ya.
Bang info: "Tapi biasanya banyak juga kapal-kapal kayu gitu yang ngangkutin barang, biasanya si pas balik ke Muara Angke mereka ngangkut penumpang juga. Gak tau berapaan. Tanya-tanya aja kalo di sini mah."
Galih: "Mantep tuh, Bang. Makasih ye, Bang. Ayok Bud, kita tanya dulu. Daripada nginep di mari."
Gua: "Ayok deh."

Ada aja dah sialnya. Jalan lah kita ke dermaga. Ternyata bener, di sana ada kapal agak gede, dari kayu yang abis nurunin barang. Kapalnya sih ya gak jelek-jelek amat. Gapapalah yang penting bisa kembali ke tanah tercinta. Kita gak sendirian, banyak banget penumpang yang senasib. Bareng-bareng mereka lah kita kembali ke Muara Angke. Murah kok, cuma 30rebu. Gak 200 rebu. Mending gua nginep kan daripada bayar 200rebu. Kapalnya 2 lantai, dilapisin karpet plastik. Agak licin lantainya. Kena minyak mungkin. Gua ama Galih milih di lantai 1. Inget soal nenek moyang tadi.


Nunggu sekitar 30 menit, kapalpun berangkat. Penumpang lain ada yang lesehan, gelar alas kemudia tertidur. Ada yang duduk di buritan kapal. Ada yang melihat ke luar jendela dengan angin menerpa wajahnya, tapi gak sambil ngejulurin lidah lo ya. Sebagian lagi justru asik duduk di depan kapal. Dengan sensasi cipratan air laut. Asik banget. Gua ngajak Galih lagi. Kali aja dia lupa sama nenek moyang. Dan lu tau hasilnya, gua ke depan sendiri. Gabung sama yang lain dan ketemu kapten kapal. Ngobrol-ngobrol. Lupa pula siapa namanya. Asik banget diajak ngobrol. Nyeritain tentang pasang surut Pulau Pari. Ada bagian Pulau Pari yang dangkal. Ketika itu sedang pasang, ada sekelompok orang senorkeling. Padahal paling dalemnya cuma se-dada. Kalo lagi surut, tempat itu kering dan banyak yang jalan-jalan sekitar situ. Biasanya sore surutnya. Cuma ini emang lagi pasang. Gua liat ke dalem, si Galih udah tewas. Yaudahlah gua lanjutin menatap laut. Ngeri si, ombaknya lumayan nyeremin. Bagus banget buat renungan, nginget-nginget dosa. Perjalanan pulang lamaaa banget. Ini mah lama di jalan daripada di pulaunya. Perjalanan bolak-balik bisa 6jam. Di pulau palingan 2jam. Emang harus nginep kalo mau puas. Gedung-gedung tinggi udah mulai keliatan. "Berapa lama lagi pak nyampe Muara Angke?" Sekitar satu jam lagi." Lama banget sumpah. Singkat cerita nyampe lah di Muara Angke, tapi beda sama yang tempat berangkat tadi. Di mari banyak kapal kayu sejenis. Harus naik becak lagi kalo mau ke tempat semula. Becak yang kita naikin racing banget. Jago banget selap-selip di antara pedagang ikan. Ngerem pas banget, paling sisa se-mili. Begitu juga ketika ada mobil dari arah berlawanan. Dengan bel dari bekas kaleng susu, becak itu melaju kencang dengan hampir nyenggol sana-sini. Milimeter men mainnya. Kali lu naek motor selap-selip bedanya masih senti, masih biasa. Ini milimeter men. Tapi entah kenapa gua ngerasa aman aja gitu. Seneng bisa naik becak lagi. Udah lama gak naik becak. Lagi-lagi, bahagia itu sederhana.


Perjalanan kali memang kurang seru. Lebih dominan di perjalanan. Singkat banget di Pulau Pramuka yang indah itu. Suatu saat gua harus balik lagi ke pulau itu. Harus gua eksplor lebih jauh lagi eksotikanya.

Sekian.

Tulisan ini dibuat dalam rangka meramaikan keikutsertaan saya dalam acara #7HariMenulis dari @birokreasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mari Bercerita

Payung Teduh kembali memperkenalkan karya emasnya. Lagu-lagu Payung Teduh dikenal sangat puitis dan romantis. Ditambah lagi dengan alunan musik Folk Jazz -nya yang syahdu membuat penikmat karyanya semakin merasakan keteduhannya. Salah satu lagu terbaru mereka berjudul Mari Bercerita. Karya-karya sebelumnya membuat kita membayangkan keromantisan si pembawa lagu dengan kekasihnya. Sementara di lagu ini, kita tidak perlu lagi membayangkannya karena lagu ini dibawakan secara duet dengan seorang wanita berparas ayu bernama panggilan Icha. Karya ini karya pertama Payung Teduh yang dibawakan secara duet. Suara mereka yang lembut dan merdu mampu membawa lagu ini ke suasana yang begitu romantis. Sebetulnya menurut penilaian saya, lirik lagu ini tidak sepuitis lagu-lagu sebelumnya. Liriknya sederhana, tetapi tidak menghilangkan romantismenya bahkan semakin dieksploitasi dengan kehadiran Icha sebagai teman duet Is (vokalis dan gitaris Payung Teduh). Berikut adalah lirik lagu tersebut.

Mengenang PT. Texmaco Perkasa Engineering

Industri manufaktur Indonesia sedang dalam perkembangan yang cukup memberikan angin segar. Beberapa waktu lalu kita digegerkan dengan mobil yang diciptakan di Indonesia oleh para pelajar SMK di Solo dengan bantuan dari perusahaan karoseri lokal, Kiat Keroseri. Mobil itu diberi label buatan pabrikan Esemka dengan berbagai variannya. Di antaranya adalah Digdaya dan Rajawali. Tidak hanya itu, bahkan murid-murid SMK telah diajarkan merakit pesawat terbang. Walaupun jenisnya hanya pesawat latih. Masyarakat bersemangat dan bergairah dengan kabar menggembirakan tersebut. Sebagian masyarakat bahkan telah memesan mobil-mobil buatan murid-murid SMK tersebut. Bapak Jokowi, selaku Walikota Solo kala itu, juga telah menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinasnya. Media begitu menggembar-gemborkan berita itu. Hampir semua stasiun televisi memberitakannya. Lalu, apa yang terjadi sekarang? Sudah hampir tidak ada beritanya lagi yang muncul di televisi. Kita hanya bisa menikmati beritanya dari me

Pabrik Tua PG Modjo

Ketika libur tiba, yang sebaiknya kita lakukan adalah berwisata. Wisata bisa kemana saja, yang menurut kita bisa merilekskan tubuh dan pikiran. Berbeda-beda bagi setiap orang karena ketertarikan setiap orang terhadap sesuatu juga berbeda. Seperti yang aku lakukan belum lama ini. Aku berkunjung ke rumah Budeku yang ada di Sragen, Jawa Tengah, untuk menghadiri Mbakku yang menjalani prosesi ngunduh manten (salah satu prosesi pernikahan adat Jawa). Beberapa waktu lalu, Mbakku pernah menceritakan kondisi Kota Sragen yang cenderung sepi dan panas. Menurutnya tidak ada yang menarik di kota itu. Paling pun yang ada hanya sebuah lokasi pabrik tua yang ada sejak zaman Belanda dan masih beroperasi hingga saat ini. Pabrik tersebut adalah pabrik gula. Ketika pertama datang ke sana, lokasi pabrik gula tua itu adalah pertanyaan-pertanyaan pertama yang aku lontarkan. Pabrik gula itu bernama PG Modjo. Modjo (Mojo) merupakan nama desa di lokasi pabrik itu berdiri, mungkin juga nama buah seperti dal